Senin, 11 Oktober 2010

SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM

Kegunaan Sejarah pendidikan Islam

PENDAHULUAN

1.     Latar Belakang

Pada masa pemerintahan dinasti Umayyah yang di lanjutkan oleh dinasti Abbassyiah, Islam pernah mengalami masa-masa kejayaan yang cukup gemilang di bidang Ilmu pengetahuan, sadar atau tidak kita bahwa bangsa-bangsa barat yang sekarang ini sedang jaya adalah berkat Sumbangan yang tiada ternilai dari berbagai Ilmuan dan Intelektual Islam, seiring dengan terpaan badai perkembangan zaman, kejayaan Islam tersebut makin lama makin redup, hingga sekarang Islam mengalami masa-masa sulit, di bidang pendidikan dan IPTEK sekarang Islam jauh tertinggal dari Negara-negara barat. faktor penyebabnya adalah karena minimnya Sumber Daya Manusia yang benar-benar murni berpijak kepada Hukum-hukum Islam, padahal jika kita jeli melihat betapa banyak Sumbangan-sumbangan para Ilmuan dan para Intelektual Islam di berbagai bidang seperti, Ilmu Filsafat, Ilmu Falak, Ilmu Hitung, Kedokteran dan masih banyak yang lainnya. Di tambah lagi dengan serangan para musuh-musuh Islam khususnya para Orientalis yang gencar melakukan serangan Ghozwul Fikri untuk mematahkan semangat juang para Generasi muda Islam. Hingga Islam semakin berada di posisi sulit.

2.     Tujuan Pembahasan

Tujuan dan misi utama dari penulisan Makalah ini adalah tidak lain untuk mendengungkan kepada Telinga-telinga para generasi muda Islam akan arti pentingnya Pendidikan, untuk membuka mata hati para generasi Islam betapa Islam pernah mengalami masa-masa kejayaan. Kemudian setelah itu diharapkan ada semacam follow up atas permasalahan ini, khususnya kepada Intelektual muda Islam yang mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi Islam yaitu Mahasiswa, karena mahasiswa adalah Agent Of change, Memberikan pengertian kepada mereka akan arti pentingnya pendidikan Islam, Karena antara Ilmu dan amalan dalam Islam sangat erat kaitannya, dalam istilah modern di kenal dengan “beramal Ilmiah berilmu amaliah”. Maksud disini adalah beramal harus dengan Ilmu, dan Berilmu dengan Niat beramal. Kemudian tidak tertinggal tujuan pembahasan masalah ini adalah agar para mahasiswa dapat memahami daripada kegunaan-kegunaan Sejarah Pendidikan Islam.

1.     Kegunaan Sejarah Pendidikan Islam

Secara umum sejarah mengandung kegunaan yang sangat besar bagi kehidupan umat manusia. Karena sejarah menyimpan atau mengandung kekuatan yang dapat menimbulkan dinamisme dan melahirkan nilai-nilai baru bagi pertumhan serta perkembangan kehidupan umat manusia. Sumber utama ajaran islam Al-qur’an mengandung cukup banyak nilai-nilai kesejarahan, yang langsung atau tidak langsung mengandung makna yang besar, pelajaran yang sangat tinggi dan pimpinan utama, khususnya bagi umat Islam maka tarikh dan ilmu tarikh (sejarah) dalam Islam menduduki arti penting dan mempunyai kegunaan dalam kajian tetang Islam, oleh sebab itu kegunaan sejarah pendidikan Islam meliputi dua aspek, yaitu
1.     Kegunaan yang bersifat umum.
2.     Kegunaan yang bersifat akademis.
3.     Kegunaan yang bersifat Umum

Yang bersifat umum, Sejarah pendidikan Islam mempunyai faktor keteladanan. Hal ini sejalan dengan makan yang tersurat dan tersirat dalam firman Allah swt.

Artinya : Sesungguhnya, Rasullulah itu adalah contoh teladan yang bagi kamu sekalian. (Q.S Al-ahzab : 21)
Ayat lain juga menjelaskan :

Artinya : katakanlah oleh( Muhammad), jika kamu sekalian cinta kepada Allah, maka hendaklah ikut akan daku nisvaa Allah akan cinta kepadamu (Q.S Ali Imran : 31)
Ayat lain juga menjelaskan :
Artinya : dan hendaklah kau mengikut akan dia (Nabi Muhammad) supaya kamu mendapat petunjuk (Q.S Al-a’araf : 158)
Berpedoman kepada 3 ayat diatas, maka umat islam dapat Meneladani proses pendidikan Islam semenjak Zaman Kerasulan Muhammad SAW, Zaman khulafa’ur Rasyidin, zaman para ulama-ulama besar dan para pemuka gerakan pendidikan Islam. Karena, secara global bahawa proses pendidikan Islam pada hakikatnya merupakan pengejawantahan (manifestasi) daripada pemikiran mereka tetang konsepsi Islam di bidang pendidikan, baik teoritik maupun pratiknya (masa Nabi dan seterusnya). Ini yang membawa kesinambungan (kontinuitas) dan menimbulkan mitos yang mencakup segala-galanya . dan para ulama Islam sering mendengungkan aan pentingnya kegunaan tarih dan ilmu tarih seperti yang diungkapkan oleh H. Munawar Cholil, bahwa : “sesungguhnya pengetahuan tarih itu banyak gunanya, baik bagi urusan keduniaan maupun bagi urusan keakhiratan. Barang siapa hapal (mengerti benar) tentang tarih, bertamabahlah akal pikirannya. Tarih itu bagi masa menjadi cermin sesungguhnya tarih menjadi cermin perbandingan bagi masa yang baru. Tarih dan ilmu tarih itu pokok kemajuan suatu umat manakala ada suatu umat tidak memperhatikan tarih dan ilmu tarih, maka umat itu tetntulah akan ketinggalan di belakang (dalam kemunduran), dan manakala sustu umat memperhatikan tarih dan ilmu tarih, maka tentulah umat itu maju kedepan (dalam kemajuan)”

4.     Kegunaan yang bersifat akademis.
Yang bersifat akademis, kegunaan sejarah pendidikan islam selain memberikan sejarah perbendaharaan sejarah perkembangan ilmu pengetahuan (teori dan praktek), juga untuk menumbuhkan perspektif baru dalam rangka mencari relevansi pendidikan Islam tentang segala bentuk perubahan dan perkembangan ilmu teknologi. Dalam Syllabus Fakultas Tarbiyah IAIN, kegunaan studi Sejarah Pendidikan Islam diharapkan dapat :
1.     mengetahui dan memahami pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam, sejak zaman lahirnya samapai zaman sekarang.
2.     mengambil manfaat dari proses pendidikan Islam, guna memecahkan problematika pendidikan islam Islam pada mas kini.
3.     memiliki sikap positif terhadap perubahan-perubahan dan pembaharuan-pembahuruan sistem pendidikan Islam.

Selain itu sejarah pedidikan akan mempunyai kegunaan dalam rangka pembangunan dan pengembangan pendidikan Islam. Dalam hal ini, sejarah pendidikan Islam akan memberikan arah kemajuan yang pernah di alami dan dinamismenya sehingga pembangunan dan pengembangan itu tetap berada dalam kerangka pandangan yang utuh dan mendasar.












PENUTUP
Dengan demikian perlu kita sadari betapa pentingnya mempelajari Kegunaan-kegunaan Sejarah pendidikan Islam, karena secara tidak langsung kita (Mahasiswa) telah ikut berperan aktif dalam membrantas buta akan sejarah Islam, dan ikut menunjang pembangunan Sumber daya manusia Indonesia khususnya Pendidikan yang bernuansa Islam yang berpijak dan bersandar kepada hokum-hukum Islam seperti yang pernah Terjadi pada masa-masa kekhalifahan dinasti Umayyah dan dinasti Abassiah.
1.     Kesimpulan
Kegunaan dari pada studi sejarah Pendidikan Islam itu adalah :
1.     Mengetahui dan memahami pertumbuhan dan perkembangan Pendidikan Islam, sejak zaman lahirnya sampai zaman sekarang.
2.     Mengambil manfaat dari proses Pendidikan Islam, guna memecahkan problematika Pendidikan Islam pada masa kini.
3.     Memiliki sikap positif terhadap perubahan-perubahan dan pembaharuan-pembahuruan sistem pendidikan Islam.
4.     Ikut menunjang Pembangunan dan Pengembangan pendidikan Islam pada zaman era Globalisasi sekarang ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar