Senin, 11 Oktober 2010

ANTIVIRUS



ANTIVIRUS DAN MACAM-MACAM VIRUS

Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mendeteksi dan menghapus komputer dari sistem komputer.
A. Macam-Macam Anti Virus
  • AVG Antivirus

Beberapa kelebihan dan kekurangan antivirus, yaitu salah satunya adalah AVG Antivirus. AVG Antivirus merupakan salah satu antivirus terbaik di dunia, sehingga sudah terbukti keampuhannya untuk melindungi komputer kita dari serangan virus. Namun setiap antivirus pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Nha oleh karena itu saya akan memberikan beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh McAfee Antivirus.
  • Kelebihan AVG Antivirus :
a. Memiliki maintainability cukup tinggi
b. Otomatis dapat mengupdate dirinya sendiri apabila komputer terkoneksi ke internet
c. Update Antivirus AVG tersedia setiap harinya
d. Waktu Scanning virus tergolong cepat
e. Tidak terlalu memakan banyak memory PC atau Laptop
f. Pada waktu scanning virus tidak memperlambat kinerja PC atau Laptop


  • Kekurangan AVG Antivirus :
a. Bergantung pada Sistem Operasi PC atau Laptop
b. Biasa membaca file.exe menjadi sebuah virus
c. Bila mendapatkan file yang terinveksi virus maka AVG akan mendeletenya bersama dengan file kita
d. Kurang bersih dalam scanning virus
e. Penggunannya lebih ribet dibandingkan antivirus lain

NORTON ANTI VIRUS
  • Keunggulan,

Norton memilki mesin pendeteksi dan membasmi virus-virus mancanegara dan beberapa sering di internet dan interfacenya yang user friendly dan memudahkan pengguna awam.
  • Kelemahan,

Dalam mesin pendeteksi ini,sering sering melakukan salah deteksi terhadap file-file sistem operasi Microsoft windows.
NORMAN ANTI VIRUS
  • Keunggulan,

Anti virus ini adalah anti virus manca negara,tetapi kemampuan deteksi virus lokal sangat sempurna dalam menghalau virus-virus lokal yang semakin semarak. Hal ini tak lepas dari adanya mesi scanner khusus, yaitu sandbox.
  • Kelemahan,

Kelemahan anti virus ini pada pengguna resource yang sangat besar terhadap prosesor maupun memori.
Komputer dengan kapasitas pas-pasan akan terasa lebih lambat responya.
B.Macam-macam Virus Komputer

  • Virus Bagle.BC
Virus Bagle BC ini termasuk salah satu jenis virus yang berbahaya dan telah masuk peringkat atas jenis virus yang paling cepat mempengaruhi komputer kita. Beberapa jam sejak keluarnya virus ini, sudah terdapat 2 buah varian Bagle ( Bagle BD dan BE )yang menyebar melalui e-mail, jaringan komputer dan aplikasi P2P. Virus ini menyebar melalui e-mail dengan berbagai subyek berbeda. Menurut suatu penelitian dari Panda Software virus Bagle BC ini menyusup ke dalam e-mail dengan subyek antara lain : Re:, Re:Hello, Re:Hi, Re:Thank you, Re:Thanks. Attachment-nya juga bermacam-macam, antara lain : .com, .cpl, .exe, .scr. Virus Bagle BC juga mampu untuk menghentikan kerja program-program antivirus.

  • Backdoor Alnica
Virus yang juga berbahaya ini merupakan salah satu tipe virus Trojan Horse. Merupakan salah satu virus backdoor yang jika berhasil menginfeksi komputer akan mampu melakukan akses dari jarak jauh dan mengambil segala informasi yang diinginkan oleh si penyerang. Sistem operasi yang diserang oleh virus tersebut antara lain : Windows 200, Windows 95, Windows 98, Windows Me, Windows NT dan Windows XP. Virus ini berukuran sebesar 57.856 byte.
  • Trojan di Linux
Para pengguna linux Red Hat diharapkan untuk berhati-hati terhadap PATCH yang dikirm melalui e-mail dengan alamat "security@redhat.com" karena itu sebenarnya bukannya patch security tetapi virus Trojan yang bisa mengacaukan sistem keamanan. E-mail peringatan dari Red Hat biasanya selalu dikirim dari alamat "secalert@redhat.com" dan ditandatangani secara digital. Virus ini juga pernah menyerang sistem keamanan Windows tahun 2003 dengan subyek menawarkan solusi keamanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar